5 Manfaat Sit Up

Diposkan oleh Erick Samuel on Sabtu, 25 Februari 2012

Pria macho alias jantan adalah pria yang punya kadar testosteron normal atau tinggi. Salah satu cara meningkatkan kadar testosteron adalah dengan rajin sit up.


Latihan resistensi seperti sit up dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh serta meningkatkan kekuatan otot seperti dilansir Livestrong.
Pria yang punya kadar testosteron tinggi akan memiliki kemampuan seksual yang bagus, memiliki otot yang kencang, punya tulang yang kuat dan tentu saja peluang untuk panjang umur.
Medical News Today menulis rendahnya tingkat testosteron telah dikaitkan dengan osteoporosis, diabetes, tekanan darah tinggi dan peningkatan lemak viseral (lemak yang tidak terlihat tetapi mengelilingi organ vital), baik pada pria dan wanita.
Latihan sit up yang tergolong murah dan mudah karena tidak memerlukan peralatan apapun bisa menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Jadi pertimbangkan untuk melakukan latihan sit up sebagai kagiatan rutin yang tidak hanya membuat tubuh sehat, tetapi juga meningkatkan testosteron.
Manfaat rajin sit up yang bikin pria macho selain meningkatkan kemampuan seksual adalah:
 
1. Mengencangkan otot Menurut sebuah studi tahun 1998 yang dilakukan oleh peneliti dari Penn State University dan dipublikasikan dalam Journal of Strength and Conditioning Research, testosteron konsisten merespon otot.
Sit up menggunakan otot-otot besar dada, yaitu kelompok otot besar deltoid di bahu dan trisep. Juga otot lain, termasuk otot perut yang bertindak sebagai stabilisator.
2. Mencegah osteoporosis Menurut Hormone Foundation, rendahnya tingkat testosteron dapat berkontribusi pada hilangnya kepadatan tulang dari waktu ke waktu dan mengakibatkan osteoporosis pada laki-laki.
Rendahnya tingkat testosteron juga dapat menyebabkan hilangnya massa otot dan kekuatan secara keseluruhan, serta atrofi otot dari waktu ke waktu.
3. Panjang umur Sebuah studi tahun 2008 yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Greifswald di Jerman menunjukkan bahwa tingkat testosteron yang rendah dapat meningkatkan risiko diabetes, hipertensi, obesitas dan bahkan kematian.
Studi yang diikuti peserta selama lebih dari tujuh tahun ini menemukan bahwa orang dengan kadar testosteron rendah 2,5 kali lebih mungkin meninggal dini dibandingkan dengan orang dengan tingkat testosteron lebih tinggi, terlepas dari merokok, konsumsi alkohol atau usia.
4. Menghilangkan perut buncit Peneliti Rush University Medical Center dalam studi 2009 yang dipublikasikan dalam jurnal Obesitas, menemukan korelasi antara tingkat testosteron yang rendah dan berfluktuasi pada wanita menopause dapat mengakumulasi lemak visceral, yaitu lemak yang menumpuk di dalam dan sekitar organ vital di dekat pinggang.
Baik usia maupun ras peserta tidak terbukti menjadi faktor yang signifikan dalam jumlah lemak visceral. Kadar testosteron justru terbukti menjadi 'prediktor' terkuat lemak visceral. Menjadikan latihan sit up untuk meningkatkan testosteron dapat membantu menjaga lemak di perut Anda.

Lalu benarkan sit up sebelum tidur mempunyai pengaruh besar untuk menjaga perut agar rata?



Sit up sebelum tidur merupakan sebuah kegiatan fisik/olahraga yang membakar kalori. Kalau Anda sebelumnya tidak pernah berolahraga sama sekali, maka sit up sebelum tidur mungkin efeknya bisa kelihatan ketika pertama kali dilakukan. Tetapi sit up adalah olahraga yang menggunakan otot kecil (otot perut) sehingga pembakaran kalorinya pun tidak akan optimal. Kalau memang sit up itu berguna untuk membakar lemak, kenapa tidak sekalian jogging aja sebelum tidur yang mana jelas-jelas jogging bisa sangat membakar lemak lebih banyak daripada sekedar sit up?

Sit up berfungsi melatih otot perut, sehingga pada dasarnya tidak ada hubungannya sama sekali dengan lemak di perut. Karena lemak dan otot itu dua hal yang berbeda. Tubuh kita lah yang mengatur sendiri mana bagian yang gemuk terlebih dahulu jika kita makan banyak dan mana bagian yang akan kurus terlebih dahulu apabila kita berolahraga dan melakukan diet yang benar. Sehingga menjadikan teori bahwa sit up bisa mengecilkan perut buncit adalah suatu KESALAHAN.

Kapan sit up sebaiknya dilakukan? Sebenarnya jawabannya adalah sama dengan kapan sebaiknya kita berolahraga secara umum? Waktunya bebas, asalkan rutin dan dia akan mengencangkan otot perut, bukan mengecilkan perut buncit. Dan waktu sit up, tidak ada hubungannya dengan waktu tidur. Mau siang hari juga tidak ada masalah.
Dan hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa sit up itu melatih otot, dan seperti latihan otot lainnya, setelah dilatih, mereka membutuhkan nutrisi yaitu Anda harus makan, bukan malah tidur, karena kalau tidur, maka otot-otot perut yang habis dirusak, akan mencari nutrisi di tempat lain yang seharusnya Anda sediakan dengan makan setelah latihan.

Artikel dari koran seperti ini menurut saya tidak tepat karena profile si Artis yang membuat orang awam mudah untuk percaya dan melakukannya sementara si Artis sendiri tidak mengerti konsep pembakaran lemak yang tepat. Hal ini sama dengan menyebarkan ketidaktahuan si Artis sebagai sesuatu yang layak diikuti oleh orang awam. Kalau kita jeli membaca, disebutkan bahwa si Artis adalah tipe perempuan yang ‘tidak cepat gemuk’. Jadi menurut saya, kalau dia tidak melakukan sit up sebelum tidur pun, dan menggantinya di waktu lain, tetap aja perutnya akan rata karena dia tipe ‘tidak cepat gemuk’. Dan apabila Anda memiliki tubuh yang ‘cepat gemuk’ atau buncit, maka cara ini tidak akan ada efeknya.

Jadi sekarang Anda sudah memiliki pengetahuan apakah Sit Up sebelum tidur itu berguna atau tidak. Pertanyaannya adalah, apakah pemberitaan artikel seperti ini sudah layak dilakukan atau sebaiknya pihak media menyeleksi ilmu atau berita yang hendak disebarkan ke masyarakat umum? Berikan pendapat Anda dengan komentar dibawah.



{ 8 komentar... read them below or add one }

Obat Alami Maag Kronis mengatakan...

TErima kasih atas infonya gan.

Anonim mengatakan...

harus banyak lari atau jogging nih tapi sit up sama pus up perlu juga supaya tubuh kita kuat kaya gatot kaca

Anonim mengatakan...

Kata siapa sit up ga ngaruh...? Gerakan otot itu juga pengaruh kali sama pembakaran... Kalo sit up cuma 20 mnit mah wajar ga ngefek.. Saya minggu kmaren buncit. Stlah sit up rutin tiap pagi n malem 60x2 sehari alhasil ada efek. So.. Situp ngaruh bro.. Maaf

Archipelagoz mengatakan...

ngaruh kan gan? hehehe selamat deh gan

Anonim mengatakan...

wah mantep gan . . Thnks

Archipelagoz mengatakan...

iya gan semoga artikel manfaat sit up ini menjadi berguna

Eni Mulyati mengatakan...

sit up perlu yaah?

Anonim mengatakan...

saya punya temen alumni menwa. ketika menjadi PNS perutnya tetap stabil/tidak buncit. ketika saya tanya dia menjawab melakukan sit up 25-30 kali ketika akan tidur dan bangun tidur. ada benarnya juga kalau sit up juga bisa menjaga kebuncitan perut gan.

Poskan Komentar

Beri komentar yang baik yah :) biar blognya ramai