Manfaat Push Up

Diposkan oleh Erick Samuel on Selasa, 16 April 2013

 Selain sit up, salah satu latihan yang cukup popular adalah push up. Push up dapat dilakukan tanpa harus pergi ke gym ataupun fitness central, karena memang tidak membutuhkan peralatan khusus. So, push up adalah latihan yang sederhana dan ternyata menyimpan banyak manfaat bagi mereka yang rutin melakukannya. Mungkin kalau Kamu belum terbiasa, Kamu akan merasa berat melakukannya, namun jika Kamu sadar akan manfaat besar dari push up, maka Kamu tidak akan jarang lagi dalam melakukan latihan yang satu ini. Jika push up telah menjadi latihan yang rutin Kamu lakukan, maka Kamu tidak akan lagi merasa berat untuk melakukannya, dan Kamu pun akan mendapatkan manfaat yang mungkin tidak terbayang sebelumnya. Lalu, apa saja manfaat push up? Simak point-point berikut ini ya:


  • Push up terbukti sangat bermanfaat dalam melatih otot-otot yang terletak pada tubuh bagian atas, seperti otot lengan bawah, lengan atas, bahu dan otot dada. Dengan push up, tubuh bagian atas Kamu akan terbentuk sekaligus Kamu tetap fit dalam menjalani aktivitas.
  • Push up tidak hanya melatih otot-otot tubuh bagian atas, tetapi juga melatih seluruh bagian tubuh. Push up merupakan latihan yang baik untuk melatih otot-otot yang ada di seluruh bagian tubuh, termasuk lutut, betis, otot-otot paha depan (quadriceps), otot punggung, perut, bokong, bahkan otot-otot di kaki.
  • Banyaknya otot yang dilatih saat Kamu melakukan push up akan membuat tubuhmu lebih stabil. Hal itu akan membantu Kamu dalam mencegah terjadinya cedera saat Kamu berolahraga.
  • Push up meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh. Hal tersebut berkaitan dengan kerja jantung yang meningkat sehingga aliran darah pun akan meningkat, begitu juga dengan kerja tubuh secara keseluruhan. Tidak hanya kecepatan metabolisme yang meningkat namun juga kalori dalam tubuh terbakar dengan Kamu melakukan push up. So, buat Kamu yang tengah menjalani program menurunkan berat badan, push up dapat membantu Kamu dalam berkontribusi atas keberhasilan program yang Kamu jalankan.
  • Push up dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Dengan melakukan push up kekuatan tulang Kamu akan meningkat. Hal tersebut terjadi karena adanya pengaruh hormon testosteron, kadar testosteron dalam tubuh yang meningkat akan mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Dengan melakukan push up maka tubuhmu akan terstimulasi untuk mengeluarkan hormon testosteron.
  • Push up juga bermanfaat dalam menguatkan otot-otot jantung.
  • Latihan push up merupakan perpaduan antara latihan beban dan latihan kardio. Oleh karena itu, tidak heran jika push up memiliki segudang manfaat.
  • Hal yang terbaik dari push up adalah latihan ini tidak membutuhkan biaya untuk melakukannya alias gratis. Kamu tidak perlu pergi ke gym untuk melakukan push up, bukan?
  • Push up akan meningkatkan rasa percaya diri Kamu, karena vitalitas yang meningkat akan membuatmu PeDe dalam setiap penampilanmu di muka umum. Selain itu, dengan melakukan push up sebanyak 50 sampai 100 kali tentunya akan membuatmu percaya kalau Kamu memang kuat (apalagi sebagai pria), dengan begitu secara otomatis rasa percaya diri pun akan meningkat.
Push up memang olahraga yang ringan dan efektif untuk mengecilkan perut. Push up bermanfaat untuk menguatkan lengan dan otot perut. Namun sikap push up yang salah justru tidak membawa manfaat apa pun malah memberi efek buruk pada tubuh. Lalu bagaimana sih sikap atau posisi push up yang benar? Berikut ini adalah tips melakukan push up yang benar dan efektif.

push up yang benar

Tips melakukan push up
  1. Sebaiknya jangan gunakan alas atau matras saat melakukan push up. Lakukan saja di atas lantai.
  2. Posisi tangan melebar di lantai. Kaki bertumpu pada ujung jari kaki, sehingga seluruh tubuh bisa ditopang dengan lurus dan sempurna.
  3. Tekuk sikut sambil membuang napas, turunkan posisi bahu sampai sikut membentuk sudut 90 derajat.
  4. Kemudian sambil menarik napas, dorong bahu ke atas sambil tangan selurus mungkin, namun usahakan posisi sikut tidak kaku.
Push up sebaiknya dilakukan saat perut sedang kosong, yaitu pagi dan sore hari. Untuk pemula disarankan melakukan push up 2 seri setiap hari (25 kali perseri). Selanjutnya bisa ditingkatkan secara bertahap.

5 Variasi Push Up yang Lebih Menantang

Selama puluhan tahun push up telah menjadi satu dari sekian banyak bodyweight training yang efektif untuk meningkatkan massa otot. Selain tidak memerlukan peralatan apa pun, latihan push up bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja sesuai kebutuhan.
5-Variasi-Push-Up-yang-Lebih-Menantang
Latihan push up dapat melatih hampir seluruh otot tubuh secara merata. Kini latihan push up telah hadir dalam berbagai variasi dan tentunya dengan manfaat yang lebih besar pula. Nah, jika Anda tertarik melakukan latihan push updengan variasi yang lebih menantang, berikut 5 variasi latihan push up untuk Anda.
  1. Knee to Elbow Push Up
    Mulai dengan posisi push up biasa. Jaga punggung tetap lurus dan lakukan push up dengan menekan kedua tangan ke bawah. Ketika Anda membawa tubuh turun, angkat kaki kiri Anda masuk menuju siku Anda. Kembali ke posisi semula dan ulangi untuk kaki sebelah kanan.
  2. Knee to Chest Push Up
    Mulai dengan posisi push up biasa. Tekan kedua tangan Anda. Di bagian atas pushup, angkat lutut kiri hingga di bawah dada. Pastikan kaki Anda tidak menyentuh tanah. Kembalikan kaki Anda ke posisi semula, kemudian lakukan gerakan yang sama untuk kaki sebelah kanan.
  3. Wall Push Up
    Dengan posisi push up biasa, alih-alih menumpukan kaki di lantai, tumpukan kedua kaki Anda pada dinding di belakang Anda. Kemudian lakukan gerakan push up seperti biasa.
  4. Single Arm Raise Push Up
    Awali dengan posisi push up biasa. Ketika Anda mengangkat tubuh angkat salah satu tangan Anda ke atas. Lakukan 10 repetisi secara bergantian untuk masing-masing tangan.
  5. Inside Leg Kick Push Up
    Mulailah dengan posisi push up biasa. Saat di bagian atas gerakan, putar pinggang Anda dan tendang tangan kiri Anda menggunakan kaki kanan. Kembali ke posisi semula, dan lakukan gerakan berlawanan.
Nah, sekarang Anda sudah menguasai berbagai variasi dari latihan push up. Dengan variasi ini tentunya Anda tidak akan menganggap push up sebagai latihan ringan yang membosankan bukan? Tingkatkan motivasi Anda dalam berlatih push up dan dapatkan manfaat terbaik push up bagi tubuh Anda. (dan)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Beri komentar yang baik yah :) biar blognya ramai