Sejak tahun 2005 hingga saat ini,
Astra Honda Motor (AHM) sebagai pelopor produk berteknologi injeksi. Fungsi
utama diciptakannya teknologi ini seperti pada HONDA SUPRA X 125 HELM IN PGM-F1
yaitu untuk menghasilkan gas buang yang ramah lingkungan serta hemat dalam pemakaian
bahan bakar akibat sudah dilengkapi teknologi sensor gas buang closed loop sytem
atau oxygen sensor (02).
Sistem
injeksi pada Supra X 125cc Helm In PGM-FI berbeda dengan Honda Supra X 125cc
PGM-FI edisi pertama. Injeksi Supra X terbaru ini jauh lebih canggih. Pertama
Supra X 125cc Helm In PGM-FI sudah tersemat sensor O2 closed loop sytem disamping sudah
berstandar euro3 sementara versi lawas baru sebatas euro2.
Sensor
02 atau closed
loop system seperti yang diusung
HONDA SUPRA X 125 HELM IN PGM-F1 bertugas untuk menakar kembali kadar racun gas
buang. Jika racun yang dihasilkan masih jelek (belum ramah lingkungan) maka closed loop system
akan memberikan feed back ke ECU (engine control unit) untuk mengatur ulang
jumlah semprotan bensinnya.
Dampak closed loop system juga di klaim lebih sempurna di banding generasi
sebelumnya dalam urusan menjaga campuran gas pembakaran (udara dan bensin) agar
tetap ideal pada rasio 14,7:1 di semua putaran baik pada putaran rendah, putaran
tinggi serta untuk pemakaian berbagai jenis bahan bakar.
Berbeda dengan kinerja closed loop system,
opened loop system justru tidak dilengkapi dengan closed loop system. Sehingga jika
settingan perbandingannya dibuat gemuk (misal 13:1), maka dari putaran bawah
sampai atas tetap gemuk karena tidak adanya closed loop system atau sensor 02 yang berfungsi memberikan
koreksi. Sebaliknya jika disetting kering (misal 16:1) maka semua putaran cenderung
akan lean/kering.
Mesin terbaru New Honda Supra X 125cc
dengan teknologi closed
loop system ini menjadikan
New Honda Supra X 125 Helm In dirasa lebih bertenaga, efisien dan irit bahan
bakar.
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar
Beri komentar yang baik yah :) biar blognya ramai